Selamat Datang di Website Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia   25 October 2014
Muhaimin : Jelang Hari Buruh, Hubungan Pengusaha-Pekerja Tetap Harmonis
28 April 2014





Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama Ani Yudhoyono saat mengadakan silaturahmi dan makan siang bersama karyawan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk di Citeureup, Jawa Barat pada Senin ( 28/4).

Silaturahmi dan makan siang bersama pekerja/buruh ini diselenggarakan menjelang perayaan Hari Buruh Internasional atau yang dikenal dengan istilah Mayday yang diperingati setiap 1 Mei sebagai hari libur nasional.

Menakertrans Muhaimin Iskandar menyatakan bahwa acara silaturahmi dan acara makan siang ini menunjukkan kekompakan dan keharmonisan pihak serikat pekerja/ serikat buruh dan asosiasi pengusaha yang bersatu untuk Indonesia yang lebih maju.

\"Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden yang telah berkenan meluangkan waktu di tengah-tengah kesibukan menjalankan tugas negara dan pemerintahan melakukan kunjungan kerja dalam rangka silaturahim dengan pekerja/buruh, “Kata Menakertrans Muhaimin Iskandar dalam sambutannya sebelum makan siang bersama.

Ikut serta dalam acara makan siang tersebut Para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea Ketua Umum Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Yorrys Raweyai, dan Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Serikat Pekerja Nasional (SPN) Bambang Wirahyoso serta perwakilan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Fransiskus Welirang,

Muhaimin mengatakan saat ini perkembangan hubungan industrial di perusahaan-perusahaan di Indonesia telah mengalami kemajuan dengan terjalinnya hubungan yang harmonis antara pekerja/buruh dan pengusaha dalam forum bipartit.

“Setelah pengalaman reformasi dan demokrasi, semua menyadari bahwa dengan dialog sosial bersama dan duduk bersama dalam bipartit, maka alhamdulilah mengalami kemajuan hubungan yang luar biasa. Terlebih lagi dengan keterlibatan pemerintah dalam forum tripartit, “ kata Muhaimin.

Dikatakan Muhaimin keberadaan lembaga kerja sama (LKS) Bipartit dalam perusahaan antara pekerja dan manajemen perusahaan merupakan kunci bagi hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan yang penting bagi semua pihak.

Berdasarkan data Kemnakertrans, sesuai target Renstra tahun 2009 sampai di penghujung tahun 2013 khususnya bidang hubungan industrial mencapai hasil yang menggembirakan. Antara lain dengan pertambahan jumlah Perjanjian Kerja Bersama (PKB) menjadi 12.113 perusahaan dansebanyak 51.895 perusahaan yang telah memilki dan mendaftarkan peraturan perusahaan (PP) sedangkan Lembaga Kerja Sama Bipartit yang terbentuk telah mencapai 15.328 unit perusahaan.

Menyinggung soal demontrasi dan kenaikan upah, Muhaimin mengatakan hiruk pikuk yang terjadi selama ini pada dasarnya mencari bentuk hubungan industrial yang baik.”Alhamdulillah upah pekerja terus naik dan terus disepakati menuju upah yang ideal. Mari kita jaga kemajuan untuk bersama ini, “ Kata Muhaimin.

Muhaimin menyampaikan apresiasi kepada seluruh pimpinan serikat pekerja/serikat buruh dan asosiasi pengusaha (Apindo) yang telah menjalin hubungan industrial yang baik sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan pekerja.

“ Kerjasama yang baik antara pekerja dan pengusaha dapat mewujudkan aspek pengawasan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) penerapan pengawasan terhadap norma-norma hubungan industrial menjadi patokan hubungan indutrial yang baik, “ kata Muhaimin.

Dalam kesempatan ini, Muhaimin juga mengucapkan terima kasih pula kepada Bapak Presiden yang telah berkenan memenuhi harapan pekerja/buruh dan SP/SB dimana tanggal 1 Mei dijadikan sebagai hari libur melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2013 tentang Penetapan tanggal 1 Mei Sebagai Hari Libur.

“Peringatan Hari Buruh Internasional sangat berguna untuk membangun kebersamaan antar pelaku hubungan industrial agar lebih harmonis secara nasional, “ kata Muhaimin.



Pusat Humas Kemnakertrans

 
Selamat datang di situs Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi

Situs ini merupakan media komunikasi resmi untuk menyampaikan kebijakan, wawasan ke depan dan tanggapan atas isu terkini oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi.
Resmi Dibuka, Asean Skills Competition X di Vietnam
23 October 2014
baca selanjutnya

Kemnakertrans : Penetapan UMP 2015 Serentak 1 November 2014
22 October 2014
baca selanjutnya

Pemerintah Bentuk Lembaga Sertifikasi Profesi Bidang K3
22 October 2014
baca selanjutnya





Kirimkan e-mail Anda sekarang!
 
ILO
kunjungi
WTO
kunjungi
WHO
kunjungi
Sambutan Menakertrans pada acara HUT ke-VI PATRI di Banjarmasin

Kunjungan Menakertrans ke SMK Diponegoro - Yogyakarta