Selamat Datang di Website Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia   24 November 2014
Menaker Hanif Nilai Pekerja Pariwisata Paling Siap Hadapi MEA 2015
14 November 2014



Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Muh Hanif Dhakiri menilai para tenaga kerja yang bergerak di sektor pariwisata paling siap menghadapi persaingan dalam Komunitas Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. Kesiapan ini ditunjang dengan kompetensi kerja dan sertifikasi kerja yang telah dimiliki para tenaga kerja pariwisata.

\"Dibandingkan sektor yang lain, tenaga kerja yang bergerak di sektor pariwisata dapat dikatakan lebih siap dalam menghadapi MEA 2015. Dengan berbekal kompetensi kerja dan sertifikasi, mereka siap bersaing dengan tenaga kerja dari negara lain,\" ujar Menaker Muh. Hanif Dhakiri di kantor Kemnaker, Jakarta pada Jumat (14/11).

Sektor pariwisata merupakan salah satu dari delapan bidang pekerjaan yang telah disepakati negara-negara dalam Mutual Recognition Arrangement (MRA) sedangkan bidang lainnya adalah akuntansi, teknik, survey, arsitektur, keperawatan, kesehatan dan perawatan gigi.

Hanif mengatakan selama ini, Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian Pariwisata terus bekerja sama untuk meningkatkan kompetensi kerja para tenaga kerja yang bergerak dibidang pariwisata. Saat ini sudah ada 46 Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) sektor pariwisata.

\"Kita bisa lihat banyak tenaga kerja Indonesia yang bekerja di negara-negara ASEAN, kompetensi mereka tidak kalah, apalagi ditunjang dengan sekolah-sekolah pariwisata yang menghasilkan lulusan yang siap bekerja,\" ujar Menaker.

Selain peningkatan kompetensi, Hanif menyebut pemerintah juga mendorong dilakukannya percepatan peningkatan jumlah sertifikasi profesi di sektor pariwisata. Data tahun 2013 jumlah tenaga bidang pariwisata yang sudah disertifikasi kerja sebanyak 58.627 tenaga kerja.

Menurut Hanif, berdasarkan pengakuan dari pelaku industri pariwisata di tingkat Asean maupun di internasional tenaga kerja Indonesia di bidang pariwisata disukai karena memiliki beberapa keunggulan diantaranya memiliki etos kerja yang baik, perilaku yang baik, ulet dan penguasaan bahasa yang baik.

Peluang kerja di sektor pariwisata di ASEAN saat ini terbuka lebar dengan pertumbuhan sektor pariwisata yang sebesar 8,3 persen pertahun pada tahun 2005-2012, jauh diatas rata-rata pertumbuhan global yang hanya 3,6 persen.

Selain itu, arus kunjungan wisatawan ke negara ASEAN pada 2013 juga sudah mencapai 92,7 juta atau meningkat 12 persen dari 2012, jumlah itu juga diatas pertumbuhan global yang sebesar 5 persen.

Daya saing pariwisata Indonesia juga meningkat dari posisi 74 dari 140 negara pada 2012 menjadi peringkat 70 pada tahun 2013. Di ASEAN, daya saing pariwisata Indonesia berada pada peringkat keempat.

“Peluang kerja di sektor pariwisata memang sangat terbuka. Namun untuk mengisi ketersediaan lowongan itu harus dengan persiapan yang matang karena harus bersaing dengan pekerja dari negara lain,” kata Hanif.

Hanif optimistis dapat terus terus meningkatkan jumlah pekerja sektor pariwisata baik di dalam maupun luar negeri. Namun Hanif menegaskan agar pekerja yang ingin bekerja di bidang pariwisata harus mengikuti prosedur dan persyaratan kerja yang telah ditentukan.

“Peluang kerja ini harus segera ditindaklanjuti dan disiapkan. Informasinya harus segera disebarluaskan kepada para tenaga kerja pariwisata maupun calon pencari kerja agar mereka benar-benar mempersiapkan diri dengan baik dan melengkapi dokumen kerja yang dibutuhkan, “kata Hanif.



Pusat Humas Kemnaker

 
Selamat datang di situs Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi

Situs ini merupakan media komunikasi resmi untuk menyampaikan kebijakan, wawasan ke depan dan tanggapan atas isu terkini oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi.
Menaker Hanif Cabut Ijin Perusahaan TKI PT El Karim
21 November 2014
baca selanjutnya

Pemerintah Dorong Alumni Pemagangan Luar Negeri Jadi Wirausaha Sukses
21 November 2014
baca selanjutnya

Menaker: Terkait Upah Minimum, Buruh Bisa Manfaatkan LKS Tripartit
20 November 2014
baca selanjutnya





Kirimkan e-mail Anda sekarang!
 
ILO
kunjungi
WTO
kunjungi
WHO
kunjungi
Sambutan Menakertrans pada acara HUT ke-VI PATRI di Banjarmasin

Kunjungan Menakertrans ke SMK Diponegoro - Yogyakarta