Selamat Datang di Website Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia   18 December 2014
Menakertrans Melepas Keberangkatan 496 Transmigran Berkualitas
04 June 2013



Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi memberangkatkan sebanyak 160 KK atau 496 transmigran yang akan ditempatkan di kawasan transmigrasi di Provinsi Kalimantan Timur dan Sulawesi Tengah.

Pelepasan transmigran dilaksanakan di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, pada Senin (3/6), oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar.

”Bertransmigrasi merupakan pilihan dan keputusan besar serta dilematis. Sebab, kehidupan baru diawali dari keputusan tersebut. Dorongan semangat sepantasnya perlu selalu kita berikan bagi para transmigran yang telah memutuskan untuk pindah permanen melalui program transmigrasi” kata Muhaimin dalam arahannya.

Acara pelepasan transmigran sangat penting sebagai momentum untuk menggelorakan kembali peranan transmigrasi dalam menciptakan peluang bagi peningkatan martabat dan harkat kehidupan masyarakat transmigran dan penduduk di kawasan transmigrasi. Acara ini juga diharapkan dapatmenggugah dan memberikan semangat kepada para transmigran yang telah siap berangkat ke daerah tujuan transmigrasi.

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) memberangkatkan sebanyak 160 Kepala Keluarga (KK) berasal dari Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur yang akan ditempatkan di lokasi Tanjung Buka Satuan Permu kiman (SP).5 Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara sejumlah 100 KK = 297 Jiwa, lokasi Simanggaris SP.5 Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara sejumlah 50 KK = 165 Jiwa, dan lokasi Watutau Kabupaten Poso Provinsi Sulawesi Tengah sejumlah 10 KK = 34 Jiwa.

Acara pelepasan tersebut juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Pembinaan Pembangunan Kawasan Transmigrasi (Dirjen P2KTrans), Jamaluddien Malik.

Menurut Jamaluddin, pihaknya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para transmigran yang telah bulat tekad berangkat ke kawasan transmigrasi. Namun, tidak hanya cukup niat dan tekad saja, tidak sekedar pindah tapi harus dilandasi juga dengan cita-cita meningkatkan kesejahteraan dan penghidupan lebih baik.

”Keputusan para transmigran dan keluarganya mengikuti program transmigrasi adalah tepat, sebagai upaya mengubah hidup lebih sejahtera serta menyongsong masa depan lebih baik di kawasan transmigrasi ” tandas dia. Untuk itu, sesampainya di lokasi transmigrasi para transmigran agar secepatnya menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar, baik dengan sesama warga transmigran ataupun dengan penduduk setempat. Membuang sifat egois, tidak menonjolkan kepentingan kelompok demi menjaga kerukunan dan agar tercipta keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat.

Penempatan transmigran ke lokasi Tanjung Buka di Kab. Bulungan sebagai implementasi dari Kerjasama Antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan Pemerintah Kabupaten Bulungan dan Provinsi Kalimantan Utara. Penempatan di lokasi ini juga dalam rangka mendukung Program Food Estate Kawasan Delta Kayan yang dikembangkan Pemerintah Kabupaten Bulungan melalui dukungan beberapa Kementerian (termasuk Kemnakertrans), BUMN dan pihak swasta, mencakup luasan areal kurang lebih 50.000 Ha yang tersebar di 4 wilayah kecamatan.

Sebanyak 27 KK dari 5 Kabupaten di Jawa Timur yang akan diberangkatkan ke lokasi Tanjung Buka telah mengikuti Pelatihan Transmigran Berkualitas selama 28 hari di Balai Besar Latihan Ketransmigrasian (BBLK) Yogyakarta. Peserta pelatihan tersebut 4 orang berpendidikan S1 dan 3 orang setingkat Diploma serta selebihnya SLTA. Mereka selanjutnya diarahkan menjadi motivator bagi warga transmigran lainnya dan bagi penduduk setempat.

Muhaimin mengingatkan, keberhasilan para catrans di kawasan transmigrasi sangat tergantung pada sifat, sikap dan usaha mereka sendiri. Disiplin, jujur, tanggungjawab dan kerja keras merupakan sifat dan sikap dasar yang harus dimiliki setiap transmigran. Sebab, kondisi di lokasi transmigrasi tidaklah ringan dalam mengolah lahan yang masih baru dengan dukungan fasilitas yang masih terbatas.

”Cepatlah menyesuaikan diri dengan lingkungan, baik sesama warga transmigran atau masyarakat penduduk di sekitar lokasi permukiman transmigrasi. Taatilah segala peraturan yang berlaku di daerah setempat termasuk adat istiadatnya” pesan Muhaimin di akhir sambutannya.

Program transmigrasi, merupakan upaya pemerintah melalui Kemenakertrans untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia. Walaupun untuk mengikuti program tersebut tidak mudah, setidaknya harus meninggalkan tanah kelahiran, sanak saudara dan lingkungan sosial yang sudah bertahun-tahun dijalani. Sehingga diperlukan dukungan semua pihak terkait, tidak hanya lingkungan keluarga juga pemerintah daerah asal dan pemerintah daerah dimana lokasi transmigrasi berada. Agar segala pengorbanan berbuah manis, maka tidak ada jalan lain kecuali para transmigran harus bekerja keras dan cerdas dengan gigih di daerah yang baru ditempati yang umumnya masih terpencil. Disamping itu transmigran harus membuka mata dan melihat segala peluang serta menyadari, bahwa keputusan mengikuti program transmigrasi sebagai pilihan dalam menggapai kesuksesan hidup, dan sama sekali bukan keputusan sia-sia. Selamat bertransmigrasi, sukses menyertaimu.



Pusat Humas Kemnakertrans

 
Selamat datang di situs Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi

Situs ini merupakan media komunikasi resmi untuk menyampaikan kebijakan, wawasan ke depan dan tanggapan atas isu terkini oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi.
Menaker : Pemulangan TKI Sri Panuti Menunggu Hasil Tes DNA
15 December 2014
baca selanjutnya

Menaker : Pengawas Ketenagakerjaan Investigasi Ledakan Pabrik Baja di Cilegon
15 December 2014
baca selanjutnya

Kemnaker - ILO Kerjasama Perlindungan Pekerja Migran dan Pekerja AnaK
11 December 2014
baca selanjutnya





Kirimkan e-mail Anda sekarang!
 
ILO
kunjungi
WTO
kunjungi
WHO
kunjungi
Sambutan Menakertrans pada acara HUT ke-VI PATRI di Banjarmasin

Kunjungan Menakertrans ke SMK Diponegoro - Yogyakarta