Selamat Datang di Website Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia   27 January 2015
Menaker Tampung Curhat Serikat Pekerja Kereta Api
13 January 2015





Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mengadakan pertemuan langsung dengan perwakilan Serikat Pekerja Kereta Api (SPKA) di sebuah ruangan di Stasiun Juanda, Jakarta Pusat, Senin (12/1/2015). Dalam pertemuan itu Menaker Hanif dicurhati berbagai masalah yang dialami oleh para karyawan PT KAI tersebut.

Para pegawai itu menjelaskan di KAI ada tiga kelompok pegawai, pertama pegawai yang masuk kerja sebelum tahun 2009, kedua pegawai yang masuk setelah 2009 dan ketiga pegawai eks PNS yaitu pegawai yang dipindah ke KAI dari beberapa departemen di kementerian.

Menurut mereka, ketiga kelompok itu mendapat status kerja (pegawai tetap, kontrak dan ousourcing) dan fasilitas yang berbeda-berbeda terkait dengan kesejahteraan pekerja, termasuk masalah gaji, tunjangan, jaminan social dan pension.

Salah satu pegawai yang direkrut sebelum tahun 2009, Habibi, bertanya soal status pegawai eks PNS, pegawai yang direkrut sebelum dan sesudah 2009. \"Jaminaan hari tuanya seperti apa?\" tanya Habibi dari Bandung.

Mendengar pertanyaan ini, Menaker Hanif tidak langusung menjanjikan solusi instans. Dia hanya menjelaskan bahwa masalah ini melibatkan banyak lembaga sehingga Kemenaker harus berhat-hati menyelesaikan masalah ini dan akan membicarakannya lebih lanjut.

\"Masalah kepegawaian nanti kita proses terlebih dahulu dengan hati-hati karena urusan semacam ini banyak lembaga terkait di dalamnya. Oleh karena banyak lembaga terkait, kita perlahan membuat perbaikan di bidang regulasi ketenagakerjaan,\" jawab Hanif.

Menurut Hanif pihaknya nanti akan mengkaji secara mendalam permasalahan-permasalahan tersebut untuk kepentingan bersama. “Kita tentu kaji dulu, kita tidak bisa langsung mengambil keputusan langsung di lapangan yang akan berpengaruh pada banyak pihak,” kata Hanif.

“Persoalan terkait dengan pekerja di kereta api ini kan bicara tentang peraturan perundangan yang berlaku. Setidaknya menyangkut 3 UU yaitu UU tentang BUMN, UU Kereta Api, UU Ketenagakerjaan dan Bahkan sekarang ada UU Aparatur Sipil Negara (ASN). Ini butuh kajian mendalam,” kata Hanif.

Hadir dalam kesempatan ini Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja ( PHI dan Jamsos) R. Irianto Simbolon, Ketua Umum SPKA Syafriadi dan Direktur Utama PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) Tri Handoyo. SPKA merupakan organisasi serikat pekerja serikat buruh yang termasuk tertua di Indonesia. SPKA memilki jumlah anggota sekitar 15.000 orang.



Pusat Humas Kemnaker

 
Selamat datang di situs Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi

Situs ini merupakan media komunikasi resmi untuk menyampaikan kebijakan, wawasan ke depan dan tanggapan atas isu terkini oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi.
Menaker Hanif Minta Perusahaan Serius Kelola Manajemen SDM
27 January 2015
baca selanjutnya

Menaker Tetapkan Uraian Tugas dan Syarat 7 Jabatan TKI Domestik Worker
27 January 2015
baca selanjutnya

Menaker Minta Austria Bantu Peralatan BLK yang Ketinggalan Jaman.
26 January 2015
baca selanjutnya





Kirimkan e-mail Anda sekarang!
 
ILO
kunjungi
WTO
kunjungi
WHO
kunjungi
Sambutan Menakertrans pada acara HUT ke-VI PATRI di Banjarmasin

Kunjungan Menakertrans ke SMK Diponegoro - Yogyakarta